cara membuat mobil
CARA MEMBUAT MOBIL LISTRIK SEDERHANA
UNTUK
KOMPETISI BALAP / WAHANA
Belakangan ini banyak sekali kalangan EV
lover yang ingin merakit mobil listrik sendiri. Seiring dengan gencarnya
kompetisi-kompetisi balapan mobil listrik. Masalah yang sering kerap kali muncul
adalah sebuah kebingungan yang dialami oleh pemula. Terkadang bingung untuk
menetukan langkah awal pembuatan bagaimana dan bingung dalam menentukan daya
motor yang digunakan. Maka dari latar belakang inilah
electricisart-bogipower.com akan merilis tuturial sederhana cara membuat mobil
listrik sederhana untuk keperluan kompetisi, keperluan wahana, atau sekerdar
hobi saja.
Secara umum dalam membuat mobil listrik
rakitan terdapat 4 hal langkah-langkah yang harus diperhatikan. Antara lain:
1. Pemilihan model kerangka.
2. Penentuan sistem suspensi.
3. Jenis motor penggerak dan daya motor.
Namun apabila hanya melakukan konversi
(memindah) tentunya hanya aspek nomer 3 saja yang perlu diperhatikan. Sistem konversi
ini biasanya efektif dilakukan pada mobi listrik wahana/ untuk penyewaan di
tempat2 wisata. Body dan chasis mobil listrik ini biasanya sudah dijual jadi,
di Yogyakarta bisa ditemui di Jl ring road utara, atau di area alun-alun kidul
yogyakarta.
- TEKNIK
PEMBUATAN CHASIS
Teknik pembuatan chasis ini lebih
spesifik membahas tentang mobil listrik ala kompetisi/balap. Rata2 model mobil
listrik adalah satu penumpang dan memiliki bobot 100-200Kg. Bahan paling cocok
untuk kerangka ini adalah besi hitem/ aluminium model bulat. Perbanyak sistem
roll akan justru menambah kekuatan chasis dasar mobil listrik. Urutan langkah
pembuatan secara umum adalah sebagai berikut:
a. Menentukan
dimensi kursi penumpang (kursi harus sudah ada terlebih dahulu.
b. Menentukan
jarak antara kursi driver dengan pijakan pedal gas dan pedal rem
c. Menentukan
jarak tempat duduk dengan posisi roda kemudi
d. Menentukan
posisi roda depan, dan roda belakang
e. Menentukan
letak dan posisi dudukan baterai dan ruang kelistrikan
f. Jika
semua poin sudah ditentukan maka desain dapat dibuat pada autoCAD 3D ,
inventor, atau sofware lainnya.
g. Setelah
software selesai, maka pengerjaan dapat segera dilakukan.
- CARA
PEMBUATAN SISTEM KEMUDI REM DAN SUSPENSI
Proses
ini adalah tahap setelah chasis
sudah dikerjakan, jangan bersamaan dengan membuat chasis. Karena pada
dasarnya
sistem kemudi rem dan suspensi dapat terspisah dari casis utama. Boleh
bersamaan jika sudah berpengalaman membuat mobil listrik sederhana.
a. Sistem kemudi
Sitem kemudi mobil listrik ala kompetisi paling cocok
adalah menggunakan rack and pinion. Komponen yang digunakan dari steering
colom, tie rod, tie rod and, dan seluruh kelengkapannya alangkah baiknya
menggunakan komponen mobil city car.
b. Sistem rem
Sistem rem paling mudah adalah disk brake yang biasa
digunakan pada sepeda motor. Dengan menggunakan mater rem mobil, lalu pada
master tersebut disalurkan ke setiap rem cakram pada roda.
sistem rem cakram
c. Sistem suspensi
Suspensi roda depan pada mobi listrik kompetisi paling
cocok adalah double wisbone. Sedangkan suspensi roda belakang dapat bervariasi.
Bisa menggunakan Swing arm, double wisbone, dan suspensi casis terpisah.
Ø Double wisbone.
Sistem ini adalah yang paling bagus,
namun diperlukan perhitungan yang tepat serta biaya yang mahal. Pada sistem
dobel wisbone akan membutuhkan komponen ball join yang sangat banyak. Sistem ini
cocok menggunakan motor BLDC hub jenis single shaft
contoh dobel wisbone roda belakang
contoh pada roda depan
Ø Swing arm.
Sistem ini termasuk paling mudah
digunakan, karena hanya mencontoh swing arm pada sepeda motor. Namun perlu
diketahui swing arm tidak dirancang untuk beban samping, maka dari itu perlu
suatu inovasi X kontruksion dan stabilizer. Sistem ini cocok menggunakan motor
Hub BLDC dengan jenis doubel shaft
Ø Suspensi casis terpisah.
Sistem ini adalah sistem yang tergolong
mudah juga. Sistem ini meletakkan motor penggerak, transmisi sampai poros ke
roda pada satu kesatuan, dan suspensi diletakkan pada engsel ruang transmisi
dengan casis utama.
- CARA
MENENTUKAN DAYA PENGGERAK
Motor pengegerak adalah faktor utama
dalam mobi listrik. Cara mudahmenetukannya adalah dengan menentukan kecepatan
yang diinginkan. Berikut adalah tabel perbandingan daya motor dengan kecepatan
laju. Pada bobot 100Kg.
Untuk kecepatan 40-50km/jam kita dapat
gunakan motor BLDC 500W. Untuk kecepatan 55-60km/jam kita dapat gunakan motor
BLDC 1KW atau 2KW. Untuk kecepatan 65-75km/jam bisa kita gunakan motor BLDC
3KW.
Sedangkan mengenai bobot dapat kita gunakan rumus 100Kg/motor: untuk 1 Motor BLDC menopang 100Kg beban. Apabila bobot diatas 200Kg, maka dapat dilakukan dengan menambah jumlah motornya.
Komentar
Posting Komentar